Search here and hit enter....

Pemerintah Gelar Roadshow Omnibus Law RUU Cipta Kerja di 18 Kota

Pemerintah Gelar Roadshow Omnibus Law RUU Cipta Kerja di 18 Kota

Pemerintah berencana melakukan roadshow omnibus law RUU Cipta Kerja di 18 kota di Indonesia untuk menyerap aspirasi masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan dan kekhawatiran-kekhawatiran mengenai poin-poin omnibus law yang dianggap akan merugikan masyarakat. 

 “Untuk menyerap aspirasi dari teman-teman maka seluruh stakeholder ekonomi akan dilibatkan, justru Bapak Presiden memerintahkan untuk menyerap aspirasi semuanya," kata Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono di Jakarta Selatan, Senin (24/2/2020). "Minggu ini kami mulai merencanakan kegiatan roadshow untuk meningkatkan penggalangan aspirasi ada sekitar18 kota di Indonesia,” sambungnya. 

Susiwijono mengatakan, Presiden Joko Widodo akan menyempatkan untuk hadir paling tidak di lima tempat untuk mendukung sosialisasi RUU Omnibus Law. Ia juga menyebut, acara roadshow ini akan dilakukan pekan depan dan seluruh kegiatan ini akan difasilitasi. 

Namun, ia tidak berani memastikan tanggal dimulainya roadshow tersebut dan masih menunggu DPR terkait pembahasan RUU Cipta Kerja. “Kami mengusulkan mudah-mudahan minggu ini, tapi semua bergantung proses di parlemen dan belum dibacakan di sidang paripurna, kami menunggu itu. Tapi kami sudah menyiapkan semuanya bahan sosialisasi, paparan, bahkan nanti QnA (tanya jawab) dipublik ini supaya sama pemahamannya semua,” kata dia.

Adapun dalam roadshow omnibus law seluruh kalangan bebas mengungkapkan pendapatnya, memberi masukan, mengkritisi dan merekam semuanya. “itu nanti akan menjadi bahan kami untuk diskusi kepada teman-teman di parlemen,” jelasnya. 

Pemerintah menyadari RUU Cipta Kerja akan memiliki dampak besar kepada masyarakat bila disahkan menjadi UU. Oleh karena itu, pemerintah mengatakan perlu menyerap aspirasi dari masyarakat.  

Adapun daerah-daerah tempat digelarnya roadshow adalah daerah-daerah yang memiliki stakeholder paling banyak, selain itu jumlah perusahaan dan jumlah pekerjanya juga banyak. Dari sisi investasi, juga menjadi pertimbangan digelarnya road show di daerah tersebut. "Mudah-mudahan kita sepakat dengan parlemen mendorong percepatan prosesnya,” tegasnya," ucapnya.


BERIKAN KOMENTAR ()