Search here and hit enter....

Selain Merampingkan Aturan, Omnibus Law Dorong Pengembangan UMKM

Selain Merampingkan Aturan, Omnibus Law Dorong Pengembangan UMKM

Omnibus Law menjadi salah satu harapan baru bagi sektor industri agar semakin berkembang, dengan perkembangan sektor industri diharapkan akan dapat menguatkan perekonomian di Indonesia, sehigga pemerataan kesejahteraan juga semakin dapat dirasakan.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki akan memastikan omnibus law berpihak kepada UMKM. Salah satu keuntungan dari Omnibus Law adalah, mendorong UMKM dalam memenuhi indikator kekayaan bersih, hasil penjualan tahunan/nilai investasi hingga jumlah tenaga kerja.

Kedua, birokrasi tidak akan rumit. Berbagai pengembalian kebijakan terkait UMK akan didasarkan pada data tunggal BPS. Ketiga, UMK tidak sendirian. Pemerintah dan pemangku kepentingan juga akan bersinergi dalam mengelola UMK.

Keempat, Pemerintah akan membentuk peraturan khusus Usaha Menengah dan Besar agar dapat bekerja sama dengan UMK hingga menghasilkan sharing profit atau intensif bagi UMK.

Kelima, siap-siap untuk sertifikasi. Tentu saja berbagi sertifikasi yang dibutuhkan oleh UMKM akan dibantu pembuatannya oleh Pemerintah.

Keenam, jika tidak punya modal, tidak masalah. Kegiatan usaha dapat dijadikan agunan pinjaman untuk UMK.

Yang ketujuh, UMKM adalah segalanya, Kegiatan pengembangan dan pemberdayaan UMKM akan masuk dalam list prioritas Dana Alokasi Khusus.

Pemerintah memiliki itikad untuk mendorong pengembangan UMKM, dengan perizinan yang semakin mudah, tentu semakin banyak pula usaha kecil yang bergeliat di Indonesia.
BERIKAN KOMENTAR ()