Search here and hit enter....

Omnibus Law Akan Memajukan UMKM Ke Arah Yang Lebih Baik


Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan Omnibus Law dapat menjadikan koperasi dan UKM sebagai penggerak roda ekonomi.

"Melalui Omnibus Law, diharapkan koperasi dan UMKM akan menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan dan terciptanya pemerataan kesejahteraan masyarakat", ujarnya pada acara Ngobrol Bareng Teten Masduki (NGETEM X KUKM) bersama para Koperasi dan UKM tentang Omnibus Law

Ia menyatakan, Omnibus Law dapat menyederhanakan birokrasi dan memberikan keadilan bagi UMKM khususnya dalam hal berusaha. Ia mencontohkan, Omnibus Law dapat mengatur investasi agar turut masuk ke sektor UMKM melalui kemitraan. Alhasil, usaha besar dan UMKM dapat saling bersinergi.

"Kemudahan-kemudahan investasi [melalui Omnibus Law] jangan sampai berdampak negatif pada koperasi dan UMKM. Jangan sampai kita ingin ada kemudahan investasi. Tetapi, di sisi lain, memukul koperasi maupun usaha kecil menengah," jelas Teten.

Dalam penjelasannya, beberapa kemudahan diberikan kepada UMKM diberikan. Selain memberikan kemudahan dalam pendirian koperasi maupun registrasi, Omnibus Law disebut dapat meningkatkan daya saing mereka. 

Teten menegaskan, melalui Omnibus Law dirancang aturan Agar koperasi berkembang lebih cepat dan lebih dinamis beradaptasi dengan perkembangan zaman. Koperasi dimungkinkan untuk menjalankan usaha di berbagai sektor.

Sementara itu, Kemenkop-UKM turut mengumpulkan masukan-masukan dari para pelaku Koperasi dan UKM melalui sosialisasi untuk disampaikan pada pembahasan Omnibus Law. 

 "Sosialisasi seperti ini harus terus menerus dilakukan supaya mempunyai persepsi yang sama antara pemerintah dengan pelaku Koperasi dan UKM," tambah Rully.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Koperasi Kospin Jasa Andi Arslan Djunaid ingin agar koperasi sejajar dengan mitra perbankan.

"Saya mengusulkan terkait pengupahan pekerja sektor UMKM supaya langsung diberlakukan," ungkapnya,
BERIKAN KOMENTAR ()