Search here and hit enter....

Tanpa Demo, Serikat Buruh Peringati May Day dengan Bagi Bansos


Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus memastikan tak ada aksi unjuk rasa yang digelar untuk memperingati hari buruh Internasional atau May Day, Jumat (1/5/2020) besok. "Semua teman-teman serikat buruh tidak ada yang turun ke jalan dalam hari May Day ini," kata Yusri kepada wartawan, Kamis (30/4/2020). 

Menurut Yusri, serikat buruh telah sepakat untuk memperingati May Day dengan cara berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, yakni aksi pemasangan spanduk di masing-masing kantor dan kegiatan bantuan sosial.

Yusri memastikan, aksi pemasangan spanduk dan kegiatan bansos itu dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penularan Covid-19. "Mereka ada juga kegiatan bagi-bagu masker kepada masyarakat di pinggir jalan. 

Tetapi, mereka tetap melakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang ada, jaga physical distancing," ungkap Yusri. Yusri juga menegaskan, polisi siap mengawal kegiatan bansos yang direncanakan oleh serikat buruh tersebut. "Kita siap mengawal, kapan saja kita siap mengawal untuk kegiatan tersebut. Tapi, mereka menyatakan bahwa mereka lagi menyusun rencana," ujar Yusri.

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya melarang aksi unjuk rasa para buruh untuk memperingati hari buruh Internasional atau May Day di tengah pandemi Covid-19. 

Larangan tersebut merujuk pada aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 yang mengatur pembumbaran kerumunan massa untuk mencegah penyebaran virus corona. Polisi menegaskab tak segan membubarkan paksa para buruh yang tetap nekat menggelar aksi unjuk rasa di tengah pandemi Covid-19.

BERIKAN KOMENTAR ()